Mar 7, 2014

Sudah Benarkah Kita Menabungnya?

Foto pinjam dari sini

Ahaiii.. Postingan kali ini agak berbeda dengan biasanya. Ya, biasanya kan cerita-cerita santai, tumbuh kembang anak, jalanan macet hehehehe. Kali ini pengen aja gitu menulis tentang menabung.

Awalnya, kemarin siang pas istirahat lunch time seorang teman nyeletuk " gw udah 2 bulan nih gak bayar cicilan tabungan gw". Sontak aja saya tanya, lah kok bisa? Lagian tabungan kok dicicil? Emang ditetapin jumlahnya? Trus, emang nabung dimana?" Kata saya.


Rupanya teman saya ini sekitar empat bulan yang lalu diajak temannya menabung di unitlink. Udah pada tau kan unitlink? Uniklink itu loh yang produknya menawarkan asuransi plus investasi yang sedang naik daun saat ini.


Nah, taunya si teman saya ini udah bilang sama temannya kalau dia mau investasi murni. Pokoknya dia simpan uangnya dengan harapan beranak pinak gitu (sapi kali beranak pinak) hehehhe :)


Alhasil, setelah dia resmi ikutan, bulan berikutnya dia terimalah statement laporan perkembangan investasi. Syukurnya teman saya ini cukup bijak dan jeli. Statement yang dia terima dipelajari, nggak hanya diterima trus simpan di laci seperti saya (jedotin kepala ke dinding). Dan dia pun kecewa karena harapan dia yang tadinya minimal - minimal ada bunga yang dia dapatkan setelah mengendapkan uangnya beberapa bulan itu, taunya tidak ada bahkan berkurang. Akhirnya dia mogok bayar angsuran tabungan dan marah-marah ke temannya yang ngajakin. Eh, tau nggak setelah itu si temannya itu mengundurkan diri lah dari profesi barunya itu katanya bahwa dia tidak mau lagi, karena nggak terlalu mengerti juga produknya. Malah merugikan teman sendiri. Hehehehhee


Nah, iseng-iseng saya tanya teman kantor saya yang lain. Eh bo, lo punya asuransi gak? Katanya gak ada tuh bu, nanti aja klo udah punya anak. Sekarang aku ikut tabungan rencana yang dilindungi asuransi. Jangka waktu 5 tahun. Nah, iseng lagi saya tanya liat dong bukti tabungannya. Teman saya yang satu ini pun dengan senang hati menunjukkan pada saya. Saya bingung kok katanya tabungan rencana kok dokumen yang dia pegang asuransi jiwa, eitssss. Saya coba baca sekilas apa iya dia ini beli polis asuransi whole life? Gak salah?? Telisik punya telisik ternyata si teman saya satu ini juga gak tau loh produk apa itu yang katanya tempat dia menabung. Dan itu adalah unitlink lagi. Padahal, tau nggak, tadinya teman saya ini ketika datang ke customer servicenya bank BUMN besar pita dongker gold itu,  pengennya tabungan rencana yang murni tanpa embel embel asuransi. Dan teman saya ini berharap setelah 5 tahun masa menabungnya dia akan mendapatkan pokok tabungan plus bunganya. Tapi sepertinya jauh panggang dari api. Dia malah ditawari unitlink dan tanpa dipelajari dulu langsung dimauin dan sekarang dia mules-mules deh jadinya.


 Akhirnya teman saya ini pun menelepon ke customer yang nge-deal kan dia dengan produk ini. Dan benarlah kalau produk itu unitlink. Lemes deh dia.


Kasus yang lain adalah eng...ing...eng... pun melanda penulis blog ini. Ahahahahaa. Iya, saya, saya. Saya juga pernah loh menabung di unitlink. Iya, menabung di unitlink, gegara ditawarin teman, di sms terus, dilelepon teyus. Akhirnya karena gak enak hati saya terimalah. Haissss. Dan gak banyak diterangin juga ama teman saya yang nawarin dan saya juga gak banyak tanya. Lah wong saya sendiri 'blank' mau tanya apa. Dan jadilah saya terikat cicilan tabungan dengan minimum payment sebesar rp 400,000/bulan dan sudah jalan beberapa tahun.


Tapi tau nggak, setelah saya sadar, dan belajar ternyata saya kurang tepat menabung diditu, setelah dihitung-hitung nggak maksimal. Mana kita harus bayar biaya akuisisi, biaya ini itu. owww  akhirnya saya putuskan hubungan kami dan saya tidak menuntut apapun darinya. Saya merelakannya. Haissss. Padahal uangnya udah puluhan jeti loh dicicil. Dicicil, ya dicicil. Ini adalah pengakuan terdodol yang pernah saya lakukan. Pengakuan seorang emak lugu. Huhuhu. tapi ya sudahlah, itu biaya belajar. etapi biayanya besar banget.... nangis darah*


Well, well.. Jangan sedih, jangan panik. Selalu ada hikmahnya ya. Beuhhh berbelit belit ya. Biarin ajalah. Jadi maksudnya klo mau menabung itu harus tepat. Benar tempatnya, benar tujuannya. Biar nggak merana setelahnya. Berharap dapat uangnya banyak, atau seenggaknya cukup buat tujuannya eh taunya malah berkurang dan gagal deh rencananya. 


 Eh, apalagi setelah saya baca blognya mba Ligwina Hananto QM Financial Tujuan Lo Apa? dan ulasannya om Priyadi di blognya yang keren itu, maka tobat dan tobatlah saya. Buru-buru flashback dan rapi-rapi keuangan dan ceki ceki tabungan. Udah bener apa belum nabungnya.
Ini ceritaku, apa ceritamu?













8 comments:

Irowati said...

Wah wah...pelajaran yg berharga ni mbak...br dgr ttg Unitlink jg dr sni (hehe emak katrok )...sy prnh sih ikut asuransi tahapan utk sekolah...tp hasilnya memang ada...sy ambil manfaat asuransi pendidikannya sj u anak saya...alhamdulillah wkt sy ptuskan berhenti kr sesuatu hal...dan sy hitung2 sy gak rugi...

Rika Willy said...

@Irowati,

hai mba, trimakasih sudah mampir ya... kenapa asuransi pendidikannya dihentikan? crita-crita dong. :):)

Lidya - Mama Cal-Vin said...

sepertinya belum benar nih tabunganku mbak

Rika Willy said...

@Lidya,

mari mba... sama sama ngebenarin :)

jarwadi said...

postingan postingan lama mas priyadi memang selalu bisa menjadi rujukan, tidak pernah basi

sayang beliau sekarang sudah sibuk dan jarang posting lagi :(

Rika Willy said...

@Jarwadi,

belum mas, tulisan Om Pri selalu masuk akal dan membuka mata. Iya, saya juga ikuti twitternya jarang update juga. :(

joeyz14 said...

yah sayang banget rikkkk
kalo gw...belom ada tabungan...adanya hutang alias cicilan mobil rumah dan motor..hiksssssss banget dehhh

dunia kecil indi said...

Halo, mbak. Aku baca komentarnya di blogku. Sepertinya SMS pemesanan buku gak dibalas karena judulnya salah. Judul bukukku itu "Conversation for Preschoolers" (Indi Sugar). Coba deh SMS lagi dengan judul itu, pasti dibalas :)