Jul 19, 2011

Ma, aku mau bobo di kamar saja

Ceritanya sudah dua hari ini Bev pilek. Memang lagi musim influenza kali ya. Dalam bulan juli ini, ini yang kedua kalinya Bev terserang pilek. Namanya juga pilek pasti hidunganpun ikutan meler dan mampet. Dan tentunya akan menjadi sulit bernafas buat seorang bayi. Dia tidak mengerti bagaimana cara mengatasinya. Yang ada dia hanya menangis dan jadinya rewel banget. Namun kali ini tidak terlalu rewel sih. Hanya saja, karena hidungnya mampet, jadi saat dia menyusu tidak bisa konsentrasi. Dan pasti di lepas-lepas buat bernafas (sepertinya bayi klo lagi pilek jadinya bernafas dengan mulut) dan menyusunya jadi terganggu sehingga Bev tidak kelihatan puas minumnya. Karena Bev menyusu di lepas-lepas, efeknya sama emaknya. Secara tidak sadar Bev jadi sering menggigit saat menyusu. Boleh dibayangkan bagaimana sakitnya jika puting yang sudah luka digigit, digigit lagi. Rasanya seperti kesetrum.

Pengalaman dari pileknya Bev sebelumnya, karena di lepas-lepas saat menyusu itu, waktu itu saya kesakitan banget, lalu saya bawa keluar kamar dan bawa ke dapur. Bev saya kasi air putih. Tapi saat di bawa keluar kamar Bev menangis kencang. Begitu juga tadi malam, Karena saat menyusu di lepas-lepas, saya gendong ke luar kamar dia menangis kencang,saya dibawa ke dapur, lalu saya tawarkan air putih tapi dia tidak mau. Lalu di bawa masuk lagi ke kamar, dia menunjuk-nunjuk ke kasur dan memegangi kelambu tidur seolah berkata:”ma, aku bobo di kamar saja”. Mungkin dia pikir ketika saya gendong keluar kamar, artinya saya marah dan tidak memperbolehkan dia tidur di kamar. Buktinya setelah saya bawa ke kasur, dia diam. Ya ampun Bev, bayiku yang berumur sebelas bulan plus sudah mengerti. Sudah punya rasa takut, sudah paham bahwa kamar kami adalah tempat tidurnya. Iya deh, Bev bobo di kamar ya. Mik yang baik dan jangan mengigit lagi ya. Semoga pileknya sembuh ya cantik. Mom love you.

7 comments:

Sang Cerpenis bercerita said...

ya semoga lekas sembuh ya. kalo mampet idungnya itu memang gak enak...

Rika Willy said...

trimakasih aunty Fanny. GBU

Vicky Laurentina said...

Hai Mbak Rika,
Kasihan banget ya, cuman pilek aja, tapi putingnya Mbak Rika jadi lecet lantaran kegigit-gigit.

Apakah pileknya Beverly sudah diobati dokter? Mbak Rika bisa bantu meredakan saluran hidungnya Beverly dengan menggosokkan minyak angin di bawah hidungnya Beverly. Nanti uapnya terhirup dan bisa meredakan nafas, jadi Beverly bisa nafas via hidung. :)

Rika Willy said...

@Mbak Vicky,
tengkyu sudah mampir di blogku yang sederhana ini.

So far klo batpil home treatment aja mbak. tp kadang lupa juga sih ngegosok minyak kayu putihnya. hehehhee....

Irfan Handi said...

Salam kenal.

Baby Dija said...

sekarang adik Bev udah sembuh kan Tante???

Elsa said...

setahun baru 2 kali kena pilek?
hebat tuh Mbak...
Dija dulu setahun udah banyak kali deh
sampe aku bosen ke dokternyaa....

mungkin karena gak ASI ya, jadi gampang sakit

beruntungnya Bev bisa dapet medali ASIX