Jul 27, 2012

DIY: Tutu Skirt Handmade


Kali ini mau posting cara membuat tutu skirt ah… J sssttttt rencananya si tutu ini nanti buat kostumnya Bev pas ngerayain ultahnya yang ke-2. Nah, membuatnya dikerjakan saat santai-santai. Dan jadilah hari minggu kemarin seharian poll dari pagi sampai sore ngerjain ini. Gelar tikar di halaman rumah, bawa perlengkapan dan mulai deh.

Bahan-bahan yang diperlukan:
Kain Tile (Tulle) Saya pakain yang hijau dan ungu.
Karet
Gunting
Jarum/Benang
Buku Besar

Cara membuatnya:
Gunting kain Tile sesuai panjang yang diinginkan. Saya menggunting dengan mengikuti ukuran garis pada tikar. Ternyata ada cara yang lebih mudah. Yaitu dengan melipat kain tile, lalu di gulung dan digepengkan, baru digunting. Sepertinya hasilnya guntingannya lebih rapi. Tapi ya sudahlah, saya sudah membuatnya dengan mengikuti pola lebar garis tikar seperti di bawah ini hahahhahahaa… Karena mengguntingnya satu persatu jadi hasilnya agak kasar
.


Tips dalam menggunting: 

Pertama tarik ujung kain tile, untuk mengetahui melarnya. Jika saat ditarik kainnya memanjang, berarti memotongnya dari arah yang berbeda. Tujuannya apa? Agar saat kain yang sudah digunting-gunting itu nantinya dipasangkan di karetnya kain tidak menciut/memanjang, hasilnya tutunya tidak mekar. (sudah pernah ngalamin soalnya).
Nah sekarang siapkan karetnya. Ukur dulu kira-kira pas di pinggang si anak yang mau pakai tutunya. Lalu kedua ujung karet di jahit.
Masukkan karet ke Buku besar tadi. Setelah itu kita mulai pasangkan tutunya. Ambil selembar  potongan kain tile lalu lipat dua, kemudian simpulkan pada karet. Kencangkan ikatannya dan rapatkan. Jadinya seperti ini.


Lakukan sampai potongan kainnya habis. Beginilah hasil akhirnya. Untuk mempercantik, dapat ditambahkan pita dibagian depannya
ini dia penampakan dipakenya.
Model: Bev

3 comments:

Anonymous said...

mba hasilnya koq bisa mekar ya? saya cobat buat juga tapi tidak bisa mekar..

Rika Willy said...

ayo di coba lagii :) trimakasih sudah mampir ya.

TATI said...

akhirnya nemu tutorial plus tips kece, terikasih. semoga hasilnya bisa mekar, hihihi..