Jul 9, 2013

Review Film: The Jungle Book




Saya lagi senang sekali membeli film-film animasi untuk Bebev. Selain film Barney dan Film Dora kali ini saya mencoba sesuatu yang baru. Saya tertarik dengan film Jungle Book. 

Film ini mengisahkan Mowgli seorang anak manusia yang hidup dan dibesarkan di hutan oleh srigala. Mungkin seperti Tarzan yang lebih familiar di telinga kita. Dia memakai daun sebagai penutup tubuh, dia bergelantungan di pohon. Dan dia bersahabat dengan binatang-binatang di hutan. Dengan seekor beruang tua bernama Bagheera dan seekor macan tutur bernama Ballo. Bagheera selalu menganggap Mougli masih kecil. 

Satu kali ada rapat srigala. Ternyata seekor srigala bernama Peona tidak mau menerima Mowgli sebagai bagian dari keluarga srigala. Lalu oleh pimpinan srigala diputuskan Mowgli dan Peona akan melakukan pertandingan berlari, dan jika Peona menang maka Mowgli harus meninggalkan hutan dan kembali ke bangsanya manusia. Pertandingan di mulai. Mowgli kalah cepat dengan Peona, tapi Mowgli yang cerdik dan banyak akal membawa Peona melalui jalan yang harus melalui banyak tali-tali pohon dan Mowgli yang badannya lebih kecil berhasil mendahului Peona. Baloo si macan tutul mengikuti pertandingan Mowgli dan Peona.

Di pertengahan pertandingan, tiba-tiba seekor harimau bernama Sheer Khan menghadang jalan Peona, Shere Khan bersama asistennya seekor rubah bernama Tobaki. Sheer Khan ingin menyantap si srigala Peona. Mowgli lalu berbalik arah dan dia tidak tega melihat Peona dimangsa Shere Khan. Padahal, atas saran Baloo si macan tutul agar Mowgli tidak usah memikirkan Peona dan terus saja berlari dan dia pasti menang. Namun, Mowgli tidak tega melihat Peona akan dimakan oleh Shere Khan. Mowgli lalu memilih menolong Peona karena bagi Mowgli, Peona adalah sebangsanya, bangsa srigala. Lalu dengan mengayunkan batu besar diikat tali kea rah Shere Khan, Mowgli berhasil menyelamatkan Peona dan Peona berlari melanjutkan pertandingan. 

Setibanya di garis finish, Peona dengan bangganya menyatakan dirinya menang. Namun, atas laporan Baloo si macan tutul yang mengikuti jalannya pertandingan, akhirnya Mowgli tidak jadi diusir dari hutan.

Kisah yang lain, Mowgli ingin mengetahui siapakah yang paling hebat di hutan. Dia lalu menemui Gajah dan pergi menanyakannya. Namun Mowgli tidak puas dengan jawaban sang gajah. Sembari berpikir- pikir, Mowgli duduk di atas batu besar, yang ternyata batu itu ada di bibir sumur yang dalam, akhirnya Mowgli tidak dapat mengontrol diri dan dia tercebur ke dalam sumur. Dia ketakutan. Tapi dia yakin sahabat-sahabatnya akan datang menolong dia. Sepanjang malam dia berada di dalam sumur. Bagheera dan Baloo sudah mencari berkeliling hutan dan tidak menemukan Mowgli. Lalu mereka ketiduran di bawah pohon. 

Di pagi hari kebetulan Tobaki si rubah sahabat Shere Khan si Harimau,  melintas dan mendengar suara Mowgli dari dalam sumur. Lalu Mowgli meminta tolong agar Tobaki mengeluarkannya dari dalam sumur. Tobaki menyetujui, namun Tobaki punya niat jahat di balik kebaikannya menolong Mowgli. Dia ingin memberikan Mowgli kepada Sheer Khan untuk sarapan paginya. Setelah Mowgli berhasil keluar dari dalam sumur, dia berpisah dengan Tobaki. Namun di tengah jalan Sheer Khan mencegat Mowgli dan ingin memangsanya. Itu pasti atas saran Tobaki. Namun, si gajah datang menolong Mowgli dan ancaman Shere Khan. Lalu, Mowgli bersama si gajah (lupa namanya) bersama ibu gajah kedua anak pergi menemui Bagheera dan Baloo. Bagheera dangan senang karena Mowgli sudah kembali. Lalu Bagheera bertanya kepada Mowgli tentang siapakah yang paling hebat di hutan. Mowgli mengatakan bahwa gajahlah yang paling hebat dan paling bijaksana di hutan. 

Film ini mengandung pesan moral yang sangat baik. Cocok ditonton untuk semua umur. Ceritanya ringan dan sangat menghibur. bahkan dewasa. Bev suka sekali menontonnya. Saya juga suka. Walau berkali-kali harus diulang kalo udah nonton sama Bev tapi tidak bosan loh.

Saya mencoba google tentang The Jungle book ini. The Jungle Book adalah kumpulan cerita yang ditulis oleh Rudyard Kipling tahun 1894. Cerita-cerita ini pertama kali diterbitkan di majalah antara tahun 1893 - 1894. Publikasi aslinya juga berisi ilustrasi, beberapa oleh ayah Rudyard, John Lockwood Kilping. Kipling lahir di India dan menghabiskan enam tahun pertama masa kecilnya di sana. Setelah sekitar sepuluh tahun di Inggris, ia kembali ke India dan bekerja di sana sekitar enam-setengah tahun. Cerita-cerita ini ditulis ketika Kipling tinggal di Vermont. (Wikipedia  )

Cerita - ceritanya kemudian difilmkan. Film kartun yang sempat digandrungi anak-anak di tahun 1967 ini menghabiskan dana sekitar 8 juta Poundsterling dan merupakan versi animasi pertama yang dibuat sejak masa popularitasnya yang saat itu berada di bawah naungan rumah produksi Disney dan baru berupa sketsa ilustrasi buatan tangan.

Serial yang berjumlah 52 eposide ini akan dibawakan oleh murid-murid BBC dan dijadwalkan akan tayang dalam waktu dekat dengan menampilkan wajah baru dari tokoh-tokoh karakter dalam film tersebut, termasuk Mowgli, Baloo si beruang, Bagheera si macan kumbang dan Shere Khan si harimau hutan.

Budget tinggi : Proyek animasi “The Jungle Book” menghabiskan dana 8 juta Poundsterling
The Jungle Book dikategorikan sebagai komedi petualangan bagi anak-anak generasi abad 21 dan saat ini sudah tayang di beberapa negara seperti Prancis, Australia dan Jerman.  Source

1 comment:

Lidya - Mama Cal-Vin said...

Jangankan anak-anak ya mbak, aku juga suka film ini