May 27, 2013

Refashion Kids Wear

Percaya nggak, kalau anak - anak itu bertumbuh sangat cepat. Sebentar aja baju-bajunya udah kekecilan atau kesempitan, padahal bajunya baru sekali dua kali pakai. Jangan langsung beli baju yang baru. Coba bongkar-bongkar lemari, pilih-pilih baju mana saja yang masih bisa di permak (refashion) supaya bisa terus dipakai.

Seperti baju anak saya yang ini. Saya suka modelnya. Tapi sudah kesempitan klo dipake Bev dan kependekan. Jadi hari minggu kemarin, sambil santai santai nunggu di papa Udut pulang dari main footsal (rencana siangnya mau ke bonbin Ragunan ngajak Bev liat Gajah), saya pun melakukan permak aka refashion. halah, bahasanya. hahahahhahaa :)


Before:





Bagian tali pundaknya pendek dan kecil banget. Kedua tali saya gunting. Jangan buang tali ini, nanti bisa dipakai untuk aksesoris bajunya juga.


Gunting 2 lembar kain katun sesuai selera secukupnya untuk pengganti tali pundaknya. Karena saya tidak bisa menjahit mesin dan belum punya mesin jahit, saya menjahitnya dengan tangan (hand sewing).
Jelujur kedua sisi kain dalam posisi terbalik. Kemudian setelah selesai di jelujur, balikkan. Lalu masukkan karet, panjangnya dikira-kira aja. seperti ini.


Kemudian jahit kedua ujung karet seperti ini. 


Sehingga jadilah seperti ini.

 


Kemudian jahitkan dibagian pundak baju tadi.

 

Karena bajunya pun pendek klo dipakai, saya tambahin kain katun yang sama dengan bahan untuk pundak tadi  untuk menyambung bajunya.
Tali pundak bawaan bajunya jahitkan di kiri kanan bawah baju.

Jadinya seperti ini.


 

Setelah di permak, jadi cakep kan. Langsung dipakein sama Bebev kemarin jalan-jalan ke Bonbin Ragunan* (baca: Kebon Binatang).

 


Powered by Telkomsel BlackBerry®

5 comments:

Sang Cerpenis bercerita said...

wah bajunya imut. ya mending buat sendiri aja. anak2 cepet gede jadi sayang kalo beli mahal2 tau tau udah gak muat lagi ya

Lidya - Mama Cal-Vin said...

keren banget idenya mbak

keke naima said...

kreatif. Kl sy baju2 model gitu, kl udah kekecilan talinya sy gunting trus dijadiin rok :D

dunia kecil indi said...

kreatif. bagus hasilnya :)

Bibi Titi Teliti said...

Astagaaa...
inih kok rajin sekaliiii...
aku merasa terintimidasi!!