Feb 28, 2011

Bev Batuk Pilek

Bev mulai batuk pilek dari hari rabu minggu lalu. Bev jadinya rewel. Hidungnya meler, badannya panas. Semalaman gak bisa tidur, nangis terus. Maunya digendong terus. Bev pun jadi males makan. Hari pertama batpilnya Bev juga malas minum. hiksss.

Panasnya sekitar 37,5 - 38 dercel. Saya bolak - balik ukur ternyata hanya segitu-segitu saja. Berarti benar batuk pilek bukan karena yang lain. Saya tidak kasi obat. Karena dari milis Sehat dan buku Intisari milis sehat punyanya dokter Wati tersayang yang dirangkum dibuku ini bilang klo panas sampe 38,5 dercel gak usah dikasi obat. Dalam kondisi seperti itu justru virus akan berkembang biak. Ya, buku itu sangat bermanfaat banget buat saya. Dan papanya Bev juga suka saya bacain keras-keras tentang batpil yang dibahas di buku itu. Jadi kami seide menangani klo anak sakit. Puji Tuhan papa Bev juga mendukung tidak kasih obat. sipp deh Pa!.
Ini dia bukunya :)

Untuk menurunkan panasnya Bev tetap saya mandikan air hangat juga berendam air hangat. Sama oppungnya dibalurin pake minyak kelapa + bawang merah + bawang putih di keprok. Itu juga mujarab menurunkan panasnya. Trus agar hidungnya tidak mampet, ditidurin miring trus diusap minyak telon di seprei dan di bajunya. Klo malam, saya kasi air panas di baskom trus tetesin minyak kayu putih, lumayan memang ruangan kamar udaranya jadi lebih segar, tidak kering. so far, pakai home treatment saja.
Karena si batuk pilek penyebabnya adalah virus, jadi tidak ada obatnya. ya obatnya adalah antibodi itu sendiri, jadi seiiring berjalannya waktu, akan sembuh sendiri. Tapi saya pantau terus perilakunya Bev. Jangan sampai dia dehidrasi.

Hari kamis panasnya masih ada tapi hidungnya makin meler dan batuknya kedengaran masih keras (apa nih bahasanya ya). Makannya juga masih mandeg alias GTM. iyalah, kita aja yang dewasa klo batpil tenggorokan/kerongkongan rasanya gatel gimana gitu ya. Apalagi bayi.

Jumat saya tidak masuk kerja. Badan capek dan pegel. Saya takut saya kena tifus, makanya cuti deh sehari. Jadi seharian saya bisa mengurus Bev. Gendong-gendong deh terus. Nen kapan aja pengen. Makannya masih blom mau.

Sabtu seharian cuma saya coba kasi makan pagi itupun di lepeh. siang dan sore tidak dikasi. Tapi kondisinya udah lumayan. Hidungnya masih meler dikit, dan batuknya sesekali.

Malam minggu tidurnya udah nyenyak, bangunnya juga siang, biasanya dia bangun cepat. Makannya udah mulai normal. Makan pagi bubur beras merah lumayan ditelan 2/3 porsi biasa, makan siangnya pure alpukat dihabisin. Emaknya udah pasti seneng dong.

Tadi pagi makannya cuma sedikit, menunya bubur beras putih campur kacang polong. Tapi keliatannya udah lebih segar, walau batuknya masih ada sesekali. Klo kedinginan dia langsung batuk-batuk. Mungkin ada pengaruhnya juga kali ya dingin.

Mudah-mudahan Bev cepat sembuh ya.

No comments: