Feb 11, 2011

Tips ajaib: Cara masak bubur beras

Bersyukurlah yawwww yang jadi emak-emak punya anak bayi yang emaknya pengen ngasi makanan anak dengan olahan tangan sendiri, homemade bahasa kerennya.

Beruntung juga ada internet ini lebih mudah mencari info tentang masak-masak bowww... Ada teman di milis mpasirumahan nanya cara masak bubur biar cepat matang. aku bantu sharing pengalaman aku masak bubur deh...

tadddaaaaa.. ini dia :)

ASK:Moms, share dunk cara bikin bubur beras yang cepet... Saya tadi masak hampir dua jam nih lum matang2... :((

Soalnya menu buat baby aja,jd ga masak pake rice cooker, sy ga punya slow cooker,jd hanya masak pake panci diatas kompor... Gimana moms ada trik khusus kah??

Mohon dibantu ya...

Makasih
Dewi

ANSWER:
dear mbak Dewi,

salam kenal, anak saya juga baru mulai MPASI. dan saya tidak pakai SC. demi irittt. heheheheh...

klo saya masak bubur beras pake rice cooker.
ada 2 cara:

1. masak bubur bareng masak nasi keluarga.
alat tambahan yang diperlukan: cangkir yang terbuat dari keramik & sendok makan.

caranya:
Anggap saja anda memasak nasi untuk keluarga di pagi hari, dengan menggunakan rice cooker kan. Nah airnya ditambah 100 ml dari normal kita masak biasa. Begitu mendidih cabut dulu listriknya. lalu buka rice cookernya, ambil nasi setengah matang dari rice cooker tadi sebanyak 4 sendok makan, dan masukkan ke cangkir keramik. tambahkan air dari rice cooker itu juga sebanyak  10 sendok. setelah itu masukkan cangkir ke dalam rice cooker, tekan cangkirnya supaya rice cooker bisa ditutup kembali. colokin lagi listriknya. biarin sampe mateng alias lampu rice cookernya udah pindah. nah, nasi keluarga matang, bubur siap di saring. simpel. tapi perlu kehati-hatian ekstra, nanti kena panas :)

2. Masak beras cukup untuk bubur saja di rice cooker.
ambil segenggam beras, cuci masukkan ke rice cooker, tambahkan air 300 ml, tinggal colokin. biarkan 1 jam. bubur siap di saring.


klo masak pake panci:
ambil segenggam beras, cuci masukkan ke panci, tambahkan air 300 ml. tutup panci biar ketika mendidih vitaminnya tidak terbang. :)
apinya jangan terlalu besar, sering diaduk, klo air nya kurang boleh ditambahin.

sejauh ini,  itu yang saya lakukan sih. cmiiw :)

selamat berkreasi mom..

rgds,
Rika (mom Beverly)

4 comments:

Gaphe said...

Seru nih.. kalo saya daripada ribet-ribet mending langsung beli.. soalnya kalo masak sendiri modal banyak!.. *beli kompor, beli gas, beli panci... jatuhnya tekor! wkwkwkwk

Rika Willy said...

@Gaphe,
iya deh om, buat om yang prktis aja dah bole dah yg beli. tapi buat Bev yang homemade ajah om, soalnya pencernaan Bev blom kuat ama bumbu masak n MSG om...

:)

Berita Terbaru said...

cara masak bubur beras kamu aku masih merasa bbingung kenapa ya,.

clodi murah said...

kaalo pk sayur langs masukin bareng ya..