Feb 7, 2011

TUMBUH KEMBANG BAYI BULAN KE -6 Wow, Sudah Mau Duduk!

Pada bulan ke-6 bayi usia ini dapat distimulasi untuk belajar duduk. Ia pun bisa dilatih untuk memegang biskuit dan memasukkannya ke mulut.

Sumber : Nakita on Line

Dedeh Kurniasih

Konsultan Ahli:

dr. Rini Sekartini, Sp.A(K)., dari RSUPN Cipto Mangunkusumo,

Jakarta

PERKEMBANGAN MOTORIK KASAR

* Ketika ditelungkupkan, posisi kepala bisa tegak dan bisa menopang tubuhnya dengan kedua lengan yang ditegakkan. Posisi ini sudah lebih terlihat mantap dan seimbang ketimbang usia sebelumnya.

* Kemampuan bergulingnya sudah lebih sering dan mudah terjadi.

* Bila dalam posisi telentang kemudian kita ulurkan tangan, dia akan menggenggamnya dan akan mengentakkan badan untuk bergerak bangun ke arah posisi duduk. Ia merasa senang kalau ditarik untuk didudukkan.

* Jika diposisikan duduk dengan dibantu, kepalanya dapat tegak cukup baik tanpa berpegangan. Memangku si kecil dengan posisi duduk dapat membantu menstimulasinya untuk posisi duduk.

* Bila diposisikan berdiri dengan dipegangi pada kedua ketiaknya, kaki bayi dapat menumpu dengan baik dan sudah tampak keseimbangan meski hanya sebentar.

PERKEMBANGAN MOTORIK HALUS

* Telapak tangan tidak lagi mengepal malah sudah membuka keseluruhan.

* Ia dapat meraih dengan tepat sasaran sebuah objek dengan kedua tangannya.

* Dapat memegang benda dengan telapak tangan dan semua jemari tangannya.

* Ia bisa dilatih memegang biskuit untuk dimakannya.

* Dapat mencoba-coba atau memanipulasi objek yang ada dalam genggamannya dan mengamat-amatinya. Selain itu, memukulkan objek yang dipegangnya pada meja, misalnya.

* Dapat memindahkan benda yang dipegangnya dari satu tangan ke tangan lain. Sesekali ia gunakan pula tangan dengan bantuan mulut atau anggota badan lainnya. Pandangannya sudah lebih luas dalam melihat. Misal, ia bisa mengikuti gerakan orang yang melintas dalam ruangannya.

PERKEMBANGAN SOSIAL-EMOSI

* Sudah dapat membedakan orang dekat dan orang baru sebagai orang asing baginya. Ia mulai mempunyai kesadaran akan orang asing maupun situasi yang asing. Lantaran itu, ia akan merasa senang dan bersikap ramah pada orang yang dikenalnya seperti orangtua ataupun pengasuh. Sebaliknya ia bisa merasa takut dan menangis saat disapa orang yang belum dikenalnya.

* Bila di dekatnya ada bayi lain, ia akan menunjukkan minatnya dengan tersenyum. Kalau bayi didekatnya menangis, ia seolah menunjukkan minatnya pada suara tangisan tersebut dengan sikap diam mendengarkan.

PERKEMBANGAN BAHASA

* Sebagian besar bayi usia ini dapat menggabungkan atau merangkaikan huruf hidup tertentu dengan bunyi-bunyi huruf mati. Ia bisa menyuarakan suku kata-suku kata seperti, "ma-ma", "da-da", dan "na-na" dengan nada berirama/ritmis.

* Ia akan memerhatikan dengan baik orang yang berbicara dan menyebutkan namanya. Latih bayi untuk mencoba menirukannya.

Ukuran Tubuh

Berat badan sekitar 5,8-7,8 kg, panjang badan 61,6 ­ 67,8 cm, dan lingkar kepala 40-46 cm.

PERKEMBANGAN KOGNITIF

* Ketika meraih benda, ia melakukannya dengan sengaja. Begitu juga saat melakukan eksplorasi sensori dengan memasukkan benda/sesuatu ke mulutnya.

* Kemampuan mendengarnya cukup tajam dan perhatiannya besar pada suara-suara yang didengarnya. Ia juga bisa menentukan gerak pandangan/kepalanya ke arah munculnya suara. Bisa dicoba dengan meremas kertas di samping telinganya. Ia akan menoleh ke arah bunyi kresekan kertas.

* Bisa membedakan suara ramah dan marah yang didengarnya serta memberi respons yang berbeda.

2 comments:

Gaphe said...

jadi sekarang baby udah nyampe perkembangan yang tahap mana Rik?

Rika Purba said...

@Phe,

ikuti berita selanjutnya setelah yang satu ini :)